Pengertian Pendidikan, Jenis Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Fungsi Pendidikan




Pendidikan
Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran eksklusif yg dialami seorang manusia agardapat mengembangkan pola pikir terhadap persoalan kehidupan sehari-hari atau terhadap aneka macam bidang ilmu eksklusif. Proses tadi dilakukan buat melatih kerja otak atau pikiran yg ialah kelebihan primer insan asal makhluk hayati lainya.

Pengertian Pendidikan, Jenis Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Fungsi Pendidikan

Pengertian Pendidikan 

Pengertian Pendidikan adalah perjuangan sadar serta terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif menyebarkan potensi dirinya buat mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya serta masyarakat.

Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, Pendidikan dari berasal istilah didik, kemudian istilah ini mendapat awalan kata me sebagai akibatnya sebagai mendidik artinya memelihara serta memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak serta kecerdasan pikiran.

Dari bahasa Yunani : pendidikan asal asal istilah pengajaran yaitu kata paid ialah anak sedangkan agogos yg ialah membimbing sehingga pedagogi dapat di artikan menjadi lmu dan seni mengajar anak.

Dari UU No.20 tahun 2003 ihwal sistem Pendidikan Nasional, Pengertian Pendidikan ialah perjuangan sadar serta terencana buat mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran supaya peserta didik secara aktif menyebarkan potensi dirinya buat memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yg dibutuhkan dirinya, warga , bangsa dan negara.

Pengertian Pendidikan, Jenis Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Fungsi Pendidikan

Definisi Pendidikan dari Para pakar

1. John Dewey.

Pendidikan merupakan proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual, emosional ke arah alam dan sesama manusia

2. M.J. Longeveled

Pendidikan merupakan perjuangan , efek, perlindungan dan donasi yang diberikan kepada anak supaya tertuju pada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anak supaya relatif cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.

3. Thompson

Pendidikan artinya impak lingkungan terhadap individu untuk membuat perubahan-perubahan yg tetap dalam kebiasaan sikap, pikiran dan sifatnya.

4. Frederick J. Mc Donald

Pendidikan merupakan suatu proses atau aktivitas yg diarahkan buat merubah tabiat (behavior) insan.

5. H. Horne

Pendidikan artinya proses yg monoton dari penyesuaian yg berkembang secara fisik dan mental yg sadar dan bebas kepada ilahi.

6. J.J. Russeau

Pendidikan artinya pembekalan yg tak ada di pada ketika anak-anak, tapi diharapkan pada saat dewasa.

7. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan merupakan daya upaya buat memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, supaya dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hayati dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

8. Ahmad D. Marimba

Pendidikan ialah bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani serta rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yg utama.

9. Manusia Kamil

Pendidikan adalah perjuangan sadar yg sistematis dalam berbagi seluruh potensi yang ada pada diri insan buat menjadi manusia yg seutuhnya.

10. Ivan Illc

Pendidikan ialah pengalaman belajar yang berlangsung pada segala lingkungan serta sepanjang hidup.

11. Edgar Dalle

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan sang keluarga, masyarakat, serta pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pedagogi, serta latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat buat mempersiapkan peserta didik supaya dapat mempermainkan peranan pada banyak sekali lingkungan hayati secara permanen buat masa yg akan datang.

12. Hartoto

Pendidikan adalah usaha sadar, terencana, sistematis, serta monoton pada upaya memanusiakan insan.

13. Ngalim Purwanto

Pendidikan adalah segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak buat memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan.

14. Driakara

Pendidikan artinya memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia.

15. W.P. Napitulu

Pendidikan merupakan kegiatan yg secara sadar, teratur, dan terjadwal pada tujuan membarui tingkah laris ke arah yang diinginkan.

Jenis-Jenis Pendidikan

Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan pendidikan yg biasa diselenggarakan serta dilksanakan pada sekolah-sekolah pada umumnya. Buat jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang sangat kentara, yang dimulai asal pendidikan taraf dasar, pendidikan tingkat menengah, hingga pendidikan tinggi.

Pendidikan formal merupakan aktivitas yang sifatnya sistematis, pula berstruktur, bertingkat atau berjenjang yg dimulai dari pendidikan SD sampai sampai perguruan tinggi atau yang sederajat.

Pendidikan Informal

Pendidikan Informal ialah seluruh aktivitas yang telah terorganisasi serta sistematis serta aktivitas ini terdapat pada luar sistem dari pendidikan sekolahan yg mapan, dikerjakan secara berdikari serta artinya bagian yang amat krusial dari aktivitas yg agak lebih luas, kegiatan ini sengaja dilakukan buat melayani para peserta didik tertentu buat mencapai tujuan belajarnya.

Pendidikan Informal adalah suatu proses pendidikan yg berlangsung sepanjang usia seseorang sehingga tiap orang akan memperoleh nilai, memiliki perilaku, ketrampilan dan pengetahuan yang Sumbernya dari berasal pengalaman hidup yg pada alami sehari-hari, yang pada peroleh berasal imbas lingkungan yang termasuk disini adalah efek dalam kehidupan famili, hubungan antar tetanga, korelasi dengan lingkungan pekerjaan, temen, lingkungan pasar, perpustakaan, dan media masa.

Umumnya pendidikan nonformal paling banyak pada waktu usia dini, lalu pendidikan dasar mirip contohnya TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran yg poly dijumpai pada mesjid masjid buat yg beragama islma dan Sekolah Minggu pada gereja buat yang beragama kristen atau katolik.

Suatu proses pendidikan yang berlangsung sepanjang usia seorang sehingga tiap orang akan memperoleh nilai, memiliki perilaku, ketrampilan serta pengetahuan yang Asalnya berasal berasal pengalaman hidup yang pada alami sehari-hari, yang di peroleh dari dampak lingkungan yg termasuk disini artinya imbas dalam kehidupan famili, korelasi antar tetanga, hubungan dengan lingkungan pekerjaan, temen, lingkungan pasar, perpustakaan, serta media masa.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan nasional kita ialah guna mencerdaskan kehidupan bangsa serta membuatkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yg beriman serta bertaqwa terhadap dewa yg Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yg mantap serta mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pada dasarnya pendidikan itu bertujuan buat membuat karakter seorang manusia sebagai beriman serta bertakwa kepada tuhan yg Maha Esa. Tapi banyak kita jumpai waktu ini pendidikan hanya menekankan di intelektual saja, misalnya dalam pelaksanaan UN sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan tanpa melihat proses pembentukan karakter dan budi pekerti siswa itu sendiri sebagaimana yang tertera pada pengertian pendidikan.


Fungsi Pendidikan 

Secara umum fungsi pendidikan terbagi atas:

a. Pendidikan menjadi Penegak Nilai

Maksudnya yaitu pendidikan memiliki kiprah krusial pada kaitan nya nilai – nilai yg ada pada masyarakat. Pada hal ini pendidikan berfungsi menjadi pemelihara dan menjaga tetap lestarinya nilai – nilai tersebut pada warga .

b. Pendidikan menjadi Pengembang masyarakat

Pendidikan menjadi pengembang masyarakat maksud nya pendidikan berperan menjadi peningkat mutu serta kualitas keilmuan setiap warga . Menjadi contoh kita mampu mengamati peradaban atau tingkah laris orang sekarang dengan orang dahulu jelas sekali terlihat perbedaan nya.

c. Pendidikan menjadi Upaya menyebarkan Potensi manusia

pada hal ini pendidikan diharapkan menciptakan generasi – generasi penerus yg siap dengan kehidupan yang akan datang.

Menurut David Popenoe, terdapat empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
  1. Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  2. Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  3. Mengklaim integrasi sosial.
  4. Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  5. Asal inovasi sosial.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pendidikan, Jenis Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Fungsi Pendidikan"

Posting Komentar