Media Pembelajaran

Media Pembelajaran
Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang digunakan buat mempermudah proses pembelajaran.  Yaitu mempermudah pengajar pada menyampaikan materi pembelajaran dan  pula mempermudah peserta didik buat tahu pembelajaran, agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya bisa tercapai.

Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Istilah media sendiri dari dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media artinya perantara atau pengantar pesan asal pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media ialah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran.

Hakikatnya media adalah galat satu komponen sistem pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya merupakan bagian integral dan  wajib  sinkron menggunakan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir berasal pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam aktivitas pembelajaran, sebagai akibatnya memungkinkan peserta didik dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.

Sedangkan pengertian media pendidikan secara definitive, para ahli memberi rumusan yg tidak selaras, masing-masing mempunyai wawasan serta orientasi yang berlainan, namun demikian pada prinsipnya ada kesamaan pengertian yg fundamental. Serta bisa diambil kesimpulan bahwa media pendidikan atau pedagogi  artinya sesuatu yang dapat dipergunakan buat menyalurkan pesan berasal pengiriman ke si penerima guna merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan  kemauan siswa sebagai akibatnya terjadi dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Berikut adalah pengertian media pembelajaran dari beberapa pakar :
Briggs (1977) media pembelajaran ialah wahana fisik buat memberikan isi/materi pembelajaran  mirip : buku, film, video serta sebagainya.
Schramm “media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (gosip) yang bisa dimanfaatkan    buat keperluan pembelajaran.”
Oemar Hamalik (1980) “Mengemukakan bahwa yang dimaksud menggunakan media pendidikan    adalah alat, metode, serta teknik yg digunakan pada rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan  interaksi antara guru serta peserta didik pada proses pendidikan serta pembelajaran di sekolah.
Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, indera, atau teknik yang  digunakan pada kegiatan belajar mengajar menggunakan maksud agar proses hubungan komunikasi  edukasi antara guru dan  peserta didik dapat berlangsung secara sempurna guna dan  berdaya guna.

Tujuan Media  Pembelajaran

Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, artinya menjadi berikut :
  • mempermudah proses pembelajaran di kelas
  • menaikkan efisiensi proses pembelajaran
  • menjaga relevansi antara bahan ajar menggunakan tujuan belajar
  • membantu konsentrasi pembelajar pada proses pembelajaran

Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat media pembelajaran menjadi indera bantu pada proses pembelajaran artinya menjadi berikut:
  1. Pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga bisa menumbuhkan motivasi belajar.
  2. Bahan pedagogi akan lebih kentara maknanya, sebagai akibatnya dapat lebih pada pahami peserta didik, serta memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pedagogi dengan baik.
  3. Metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi lisan melalui penuturan istilah-istilah ekspresi guru, peserta didik tidak bosan, dan  guru tidak kehabisan tenaga.
  4. Siswa lebih poly melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari guru saja, namun jua kegiatan lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan serta lain-lainya.

Fungsi Media Pembelajaran

1. Media menjadi asal belajar
Belajar merupakan proses aktif dan  konstruktif melalui suatu pengalaman dalam memperoleh berita. Dalam proses aktif tadi, media pembelajaran berperan sebagai salah  satu sumber belajar bagi siswa. Merupakan melalui media peserta didik memperoleh pesan serta info sehingga membuat pengetahuan baru pada peserta didik. Pada batas tertentu, media dapat menggantikan fungsi guru menjadi sumber isu/pengetahuan bagi siswa. Media pembelajaran sebagai asal belajar adalah suatu komponen system pembelajaran yang mencakup pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan  lingkungan, yang dapat mensugesti hasil belajar siswa. (Mudhoffir,dalam Munadi, 2008).

2. Fungsi Semantik
Semantik berkaitan menggunakan “meaning” atau arti dari suatu kata, kata, tanda atau symbol.

3. Fungsi Manipulatif
Fungsi manipulatif artinya kemampuan media dalam menampilkan balik  suatu benda/peristiwa menggunakan aneka macam cara, sesuai kondisi, situasi, tujuan serta sasarannya.

4. Fungsi fiksatif
Fungsi fiksatif artinya fungsi yang berkenaan dengan kemampuan suatu media buat menangkap, menyimpan balik  suatu objek atau peristiwa yang telah lama   terjadi.

5. Fungsi Ditributif
Fungsi distributif media pembelajaran berarti bahwa dalam sekali penggunaan satu materi, objek atau peristiwa, bisa diikuti sang peserta didik pada jumlah akbar (tidak terbatas) dan  dalam jangkauan yg sangat luas sebagai akibatnya dapat menaikkan efesiensi baik ketika juga porto.

6. Fungsi Psikologis
berasal segi psikolgis, media pembelajaran mempunyai beberapa fungsi mirip fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif fungsi imajinatif dan  fungsi motivasi.

Prinsip-Prinsip pada Penggunaan Media Pembelajaran

Pada proses belajar mengajar seorang guru belum relatif jika hanya mengetahui kegunaan serta mengetahui penggunaan media pembelajaran, melainkan wajib  mengetahui dan  terampil bagaimana cara menggunakannya. Sehubungan dengan hal itu, terdapat beberapa prinsip/kriteria penggunaan media yg perlu dipedomani oleh pengajar pada proses belajar mengajar yaitu  :
  • Ketepatan dengan tujuan pembelajaran, ialah media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yg telah ditetapkan
  • Dukungan terhadap isi bahan pembelajaran, merupakan bahan pelajaran yg sifatnya informasi, prinsip yang sangat memerlukan donasi media supaya mudah dipahami siswa
  • Kemudahan memperoleh media, ialah media yang dibutuhkan mudah memperolehnya, setidak-tidaknya dapat didesain sang pengajar di waktu mengajar atau mungkin sudah tersedia di sekolah
  • Ketrampilan pengajar dalam memakai media, apapun jenis media yang diharapkan syarat utama ialah pengajar harus dapat menggunakan pada proses pembelajaran
  • Tersedianya waktu buat menggunakannya, sebagai akibatnya media tersebut bisa bermanfaat bagi peserta didik di saat pelajaran berlangsung
  • Sesuai dengan tingkat berfikir siswa sehingga makna yg terkandung didalamnya dapat dipahami peserta didik.


Jenis-jenis Media Pembelajaran

Poster

Poster mampu memperngaruhi perilaku, sikap, dan  rapikan nilai warga  buat berubah atau melakukan   sesuatu. Hal yg membentuk poster memiliki kekuatan buat dicerna sang orang yang melihat, sebab poster lebih menonjolkan kekuatan pesan, visual, serta rona. Hal tersebut sinkron menggunakan pandangan Nana Sudjana (2005:51) bahwa poster ialah media yang mengkombinasikan antara visual berasal rancangan yg bertenaga menggunakan rona dan  pesan dengan maksud buat menangkap perhatian orang yg lewat namun relatif usang menanamkan gagasan yg berarti pada ingatannya.

Flipchart

Flipchart dalam pengertian sederhana ialah lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender ukuran 50 x 75 centimeter, atau berukuran yg lebih kecil 21 x 28 centimeter menjadi flipbook yg disusun dalam urutan yg diikat padfa bagian atasnya. Pada penggunaannya dapat dibalik Jika pesan di lembaran depan sudah ditampilkan dan  digantikan menggunakan lbr berikutnya yang sudah disediakan. Flipchart hanya cocok buat digunaka pada kelompok mungil yaitu 30 orang. Sedangkan flipbook buat 4-lima orang. Flipchart adalah galat satu media cetakan yg sangat sederhana serta relatif efektif.

Flipchart relatif efektif karena bisa dijadikan menjadi media (pengantar) pesan pembelajaran yg secara terjadwal ataupun secara eksklusif disajikan di flipchart. Indicator efektif adalah tercapainya tujuan atau kompetensi yang telah direncanakan. Penggunaan flipchart artinya galat satu cara pengajar dalam berhemat waktunya buat menulis pada papan tulis.

Bagan

Bagan dari Nana Sudjana ( 2005:27 ) ialah kombinasai antara media grafis, gambar, serta foto yg dirancang buat memvisualisasikan secara logis dan  teratur tentang fakta utama atau gagasan. Menjadi media visual, bagan merupakan media yg membantu menyajikan pesan pembelajaran melalui visualisasi dengan tujuan metri yang kompleks bisa disederhanakan sebagai akibatnya siswa nudah buat mencerna contoh-contoh tadi.

Kegunaan bagan ialah buat menerangkan hubungan, keterkaitan, perbandingan, jumlah yg relative, perkembangan eksklusif, proses eksklusif, mengklasifikasikan, serta pengorganisasian.

Grafik

Secara sederhana grafik bisa diartikan sebagai media yg memvisualisasikan data-data dalam bentuk angka. Grafik menggambarkan hubungan satu 2 atau lebih data atau grafik menggunakan data yang swama mendeskripsikan korelasi penting berasal suatu data. Tujuan pembuatan grafik ialah membuktikan perbandingan, gosip, kualitatif dengan cepat dan  sederhana.

Komik

Komik dapat didefinisikan menjadi bentuk kartun yang mengatakan karakter dan  menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya menggunakan gambar dan  dirancang memberikan hiburan pada para pembaca.
Media Foto
Foto artinya galat satu media pembelajaran yang relatif popular serta sudah lama   digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sebab foto relatif praktis, sederhana, mudah dipergunakan tidak membutuhkan alat proyeksi serta tidak membutuhkan alat-alat tambahan. Media foto termasuk kategori gambar diam ( still picture ) merupakan hidangan visual dalam foto tidak bergerak. Foto bisa dipergunakan pada pembelajaran secara individual, gerombolan  kecil atau gerombolan  besar .

Overhead Projector

pada dasrnya OHP ( overhead projector ) bermanfaat untuk memproyeksikan transparankearah layar yg jaraknya relative pendek, menggunakan yang akan terjadi gambar atau goresan pena yang cukup akbar. Projector ini direncanakan dibuat untuk dipergunakan sang guru di depan kelas dengan penjelasan yang normal, sebagai akibatnya permanen terjadi komunikasi antara guru menggunakan peserta didik.

Media Audio

1)  Indera Perekam
alat perekam berfungsi buat memperdengarkan audio ( player ) pada umumnya memakai tape yang memakai kaset. Sinkron dengan perkembangan teknologi kini   sudah banyak indera perekam audio, mirip ipod, mp3, dan  lain-lain. Bahan ajar terlebih dahulu disiapkan kemudian direkam dan  disajikan baik dikelas classical dengan jumlah peserta didik banyak maupun buat belajar secara mandiri. Materi pelajaran yang bisa tersaji antara lain : ppembelajaran musik literacy ( pembacaan sajak ), pembelajaran bahasa asing, serta lain-lain.

2)  Laboratorium Bahasa
Laboratorium bahasa adalah indera buat melatih siswa mendengarkan dan  berbicara dalam bahasa asing dengan jalan menyajikan bahan ajar yang disiapkan sebelumnya, media yg digunakan adalah indera perekam.

Multimedia projector

Sekarang, hampir sebagian akbar pasar projector dikuasai oleh projector digital. Mulai asal yang berteknologi LCD ( Liquid Crystal Display ), DLP ( digital Light Processing ), sampai tenologi terbaru yg sekarang tengah berkiprah popular, LCOS ( Liquid Crystal On Single Crystal Silicon ). Tidak heran, sebab projector digital ini memang bobotnya relative ringan, serta harganya pun relative jauh dibawah projector CRT. Buat melakukan mengajar sudah sangat memungkinkan guru buat memakai multimedia projector atu lebih dikenal menggunakan LCD projector.

Multimedia projector ialah sebuah indera proyeksi yang bisa menampilkan unsure-unsur media mirip gambar, teks, video, animasi, video baik secara terpisah maupun adonan diantara unsure-unsur media tersebut dapat dikoneksikan menggunakan perangkat elektronik lainnya seperti computer, video player, serta lain-lain. Yang bisa digunakan untuk kegiatan presentasi, pembelajaran, pemutaran film, dan  lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Media Pembelajaran"

  1. Wow! Great post about media pembelajaran! The content is very rich, and I really like it. It help me very much to solve some problems. It is very helpful for all the people on the web. Thanks a lot.Check outEdit Media

    BalasHapus