Media Pembelajaran |
Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang digunakan buat mempermudah proses pembelajaran. Yaitu mempermudah pengajar pada menyampaikan materi pembelajaran dan pula mempermudah peserta didik buat tahu pembelajaran, agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya bisa tercapai.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang digunakan buat mempermudah proses pembelajaran. Yaitu mempermudah pengajar pada menyampaikan materi pembelajaran dan pula mempermudah peserta didik buat tahu pembelajaran, agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya bisa tercapai.
Media Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran
Istilah media sendiri dari dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media artinya perantara atau pengantar pesan asal pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media ialah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran.
Hakikatnya media adalah galat satu komponen sistem pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya merupakan bagian integral dan wajib sinkron menggunakan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir berasal pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam aktivitas pembelajaran, sebagai akibatnya memungkinkan peserta didik dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.
Sedangkan pengertian media pendidikan secara definitive, para ahli memberi rumusan yg tidak selaras, masing-masing mempunyai wawasan serta orientasi yang berlainan, namun demikian pada prinsipnya ada kesamaan pengertian yg fundamental. Serta bisa diambil kesimpulan bahwa media pendidikan atau pedagogi artinya sesuatu yang dapat dipergunakan buat menyalurkan pesan berasal pengiriman ke si penerima guna merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai akibatnya terjadi dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Berikut adalah pengertian media pembelajaran dari beberapa pakar :
–Briggs (1977) media pembelajaran ialah wahana fisik buat memberikan isi/materi pembelajaran mirip : buku, film, video serta sebagainya.
–Schramm “media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (gosip) yang bisa dimanfaatkan buat keperluan pembelajaran.”
–Oemar Hamalik (1980) “Mengemukakan bahwa yang dimaksud menggunakan media pendidikan adalah alat, metode, serta teknik yg digunakan pada rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru serta peserta didik pada proses pendidikan serta pembelajaran di sekolah.
– Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, indera, atau teknik yang digunakan pada kegiatan belajar mengajar menggunakan maksud agar proses hubungan komunikasi edukasi antara guru dan peserta didik dapat berlangsung secara sempurna guna dan berdaya guna.
Tujuan Media Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, artinya menjadi berikut :
- mempermudah proses pembelajaran di kelas
- menaikkan efisiensi proses pembelajaran
- menjaga relevansi antara bahan ajar menggunakan tujuan belajar
- membantu konsentrasi pembelajar pada proses pembelajaran
Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran menjadi indera bantu pada proses pembelajaran artinya menjadi berikut:
- Pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga bisa menumbuhkan motivasi belajar.
- Bahan pedagogi akan lebih kentara maknanya, sebagai akibatnya dapat lebih pada pahami peserta didik, serta memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pedagogi dengan baik.
- Metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi lisan melalui penuturan istilah-istilah ekspresi guru, peserta didik tidak bosan, dan guru tidak kehabisan tenaga.
- Siswa lebih poly melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari guru saja, namun jua kegiatan lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan serta lain-lainya.
Fungsi Media Pembelajaran
1. Media menjadi asal belajar
Belajar merupakan proses aktif dan konstruktif melalui suatu pengalaman dalam memperoleh berita. Dalam proses aktif tadi, media pembelajaran berperan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Merupakan melalui media peserta didik memperoleh pesan serta info sehingga membuat pengetahuan baru pada peserta didik. Pada batas tertentu, media dapat menggantikan fungsi guru menjadi sumber isu/pengetahuan bagi siswa. Media pembelajaran sebagai asal belajar adalah suatu komponen system pembelajaran yang mencakup pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang dapat mensugesti hasil belajar siswa. (Mudhoffir,dalam Munadi, 2008).
2. Fungsi Semantik
Semantik berkaitan menggunakan “meaning” atau arti dari suatu kata, kata, tanda atau symbol.
3. Fungsi Manipulatif
Fungsi manipulatif artinya kemampuan media dalam menampilkan balik suatu benda/peristiwa menggunakan aneka macam cara, sesuai kondisi, situasi, tujuan serta sasarannya.
4. Fungsi fiksatif
Fungsi fiksatif artinya fungsi yang berkenaan dengan kemampuan suatu media buat menangkap, menyimpan balik suatu objek atau peristiwa yang telah lama terjadi.
5. Fungsi Ditributif
Fungsi distributif media pembelajaran berarti bahwa dalam sekali penggunaan satu materi, objek atau peristiwa, bisa diikuti sang peserta didik pada jumlah akbar (tidak terbatas) dan dalam jangkauan yg sangat luas sebagai akibatnya dapat menaikkan efesiensi baik ketika juga porto.
6. Fungsi Psikologis
berasal segi psikolgis, media pembelajaran mempunyai beberapa fungsi mirip fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif fungsi imajinatif dan fungsi motivasi.
Prinsip-Prinsip pada Penggunaan Media Pembelajaran
Pada proses belajar mengajar seorang guru belum relatif jika hanya mengetahui kegunaan serta mengetahui penggunaan media pembelajaran, melainkan wajib mengetahui dan terampil bagaimana cara menggunakannya. Sehubungan dengan hal itu, terdapat beberapa prinsip/kriteria penggunaan media yg perlu dipedomani oleh pengajar pada proses belajar mengajar yaitu :
- Ketepatan dengan tujuan pembelajaran, ialah media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yg telah ditetapkan
- Dukungan terhadap isi bahan pembelajaran, merupakan bahan pelajaran yg sifatnya informasi, prinsip yang sangat memerlukan donasi media supaya mudah dipahami siswa
- Kemudahan memperoleh media, ialah media yang dibutuhkan mudah memperolehnya, setidak-tidaknya dapat didesain sang pengajar di waktu mengajar atau mungkin sudah tersedia di sekolah
- Ketrampilan pengajar dalam memakai media, apapun jenis media yang diharapkan syarat utama ialah pengajar harus dapat menggunakan pada proses pembelajaran
- Tersedianya waktu buat menggunakannya, sebagai akibatnya media tersebut bisa bermanfaat bagi peserta didik di saat pelajaran berlangsung
- Sesuai dengan tingkat berfikir siswa sehingga makna yg terkandung didalamnya dapat dipahami peserta didik.
Jenis-jenis Media Pembelajaran
Poster
Poster mampu memperngaruhi perilaku, sikap, dan rapikan nilai warga buat berubah atau melakukan sesuatu. Hal yg membentuk poster memiliki kekuatan buat dicerna sang orang yang melihat, sebab poster lebih menonjolkan kekuatan pesan, visual, serta rona. Hal tersebut sinkron menggunakan pandangan Nana Sudjana (2005:51) bahwa poster ialah media yang mengkombinasikan antara visual berasal rancangan yg bertenaga menggunakan rona dan pesan dengan maksud buat menangkap perhatian orang yg lewat namun relatif usang menanamkan gagasan yg berarti pada ingatannya.
Flipchart
Flipchart dalam pengertian sederhana ialah lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender ukuran 50 x 75 centimeter, atau berukuran yg lebih kecil 21 x 28 centimeter menjadi flipbook yg disusun dalam urutan yg diikat padfa bagian atasnya. Pada penggunaannya dapat dibalik Jika pesan di lembaran depan sudah ditampilkan dan digantikan menggunakan lbr berikutnya yang sudah disediakan. Flipchart hanya cocok buat digunaka pada kelompok mungil yaitu 30 orang. Sedangkan flipbook buat 4-lima orang. Flipchart adalah galat satu media cetakan yg sangat sederhana serta relatif efektif.
Flipchart relatif efektif karena bisa dijadikan menjadi media (pengantar) pesan pembelajaran yg secara terjadwal ataupun secara eksklusif disajikan di flipchart. Indicator efektif adalah tercapainya tujuan atau kompetensi yang telah direncanakan. Penggunaan flipchart artinya galat satu cara pengajar dalam berhemat waktunya buat menulis pada papan tulis.
Bagan
Bagan dari Nana Sudjana ( 2005:27 ) ialah kombinasai antara media grafis, gambar, serta foto yg dirancang buat memvisualisasikan secara logis dan teratur tentang fakta utama atau gagasan. Menjadi media visual, bagan merupakan media yg membantu menyajikan pesan pembelajaran melalui visualisasi dengan tujuan metri yang kompleks bisa disederhanakan sebagai akibatnya siswa nudah buat mencerna contoh-contoh tadi.
Kegunaan bagan ialah buat menerangkan hubungan, keterkaitan, perbandingan, jumlah yg relative, perkembangan eksklusif, proses eksklusif, mengklasifikasikan, serta pengorganisasian.
Grafik
Secara sederhana grafik bisa diartikan sebagai media yg memvisualisasikan data-data dalam bentuk angka. Grafik menggambarkan hubungan satu 2 atau lebih data atau grafik menggunakan data yang swama mendeskripsikan korelasi penting berasal suatu data. Tujuan pembuatan grafik ialah membuktikan perbandingan, gosip, kualitatif dengan cepat dan sederhana.
Komik
Komik dapat didefinisikan menjadi bentuk kartun yang mengatakan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya menggunakan gambar dan dirancang memberikan hiburan pada para pembaca.
Media Foto
Foto artinya galat satu media pembelajaran yang relatif popular serta sudah lama digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sebab foto relatif praktis, sederhana, mudah dipergunakan tidak membutuhkan alat proyeksi serta tidak membutuhkan alat-alat tambahan. Media foto termasuk kategori gambar diam ( still picture ) merupakan hidangan visual dalam foto tidak bergerak. Foto bisa dipergunakan pada pembelajaran secara individual, gerombolan kecil atau gerombolan besar .
Overhead Projector
pada dasrnya OHP ( overhead projector ) bermanfaat untuk memproyeksikan transparankearah layar yg jaraknya relative pendek, menggunakan yang akan terjadi gambar atau goresan pena yang cukup akbar. Projector ini direncanakan dibuat untuk dipergunakan sang guru di depan kelas dengan penjelasan yang normal, sebagai akibatnya permanen terjadi komunikasi antara guru menggunakan peserta didik.
Media Audio
1) Indera Perekam
alat perekam berfungsi buat memperdengarkan audio ( player ) pada umumnya memakai tape yang memakai kaset. Sinkron dengan perkembangan teknologi kini sudah banyak indera perekam audio, mirip ipod, mp3, dan lain-lain. Bahan ajar terlebih dahulu disiapkan kemudian direkam dan disajikan baik dikelas classical dengan jumlah peserta didik banyak maupun buat belajar secara mandiri. Materi pelajaran yang bisa tersaji antara lain : ppembelajaran musik literacy ( pembacaan sajak ), pembelajaran bahasa asing, serta lain-lain.
2) Laboratorium Bahasa
Laboratorium bahasa adalah indera buat melatih siswa mendengarkan dan berbicara dalam bahasa asing dengan jalan menyajikan bahan ajar yang disiapkan sebelumnya, media yg digunakan adalah indera perekam.
Multimedia projector
Sekarang, hampir sebagian akbar pasar projector dikuasai oleh projector digital. Mulai asal yang berteknologi LCD ( Liquid Crystal Display ), DLP ( digital Light Processing ), sampai tenologi terbaru yg sekarang tengah berkiprah popular, LCOS ( Liquid Crystal On Single Crystal Silicon ). Tidak heran, sebab projector digital ini memang bobotnya relative ringan, serta harganya pun relative jauh dibawah projector CRT. Buat melakukan mengajar sudah sangat memungkinkan guru buat memakai multimedia projector atu lebih dikenal menggunakan LCD projector.
Multimedia projector ialah sebuah indera proyeksi yang bisa menampilkan unsure-unsur media mirip gambar, teks, video, animasi, video baik secara terpisah maupun adonan diantara unsure-unsur media tersebut dapat dikoneksikan menggunakan perangkat elektronik lainnya seperti computer, video player, serta lain-lain. Yang bisa digunakan untuk kegiatan presentasi, pembelajaran, pemutaran film, dan lain-lain.
Wow! Great post about media pembelajaran! The content is very rich, and I really like it. It help me very much to solve some problems. It is very helpful for all the people on the web. Thanks a lot.Check outEdit Media
BalasHapus